Monday, April 24, 2017

Pengantar InkScape

PENGANTAR INKSCAPE


DEFINISI SOFTWARE INKSCAPE
Inkscape adalah perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License)  dan tujuan utamanya menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Inkscape sama seperti software Corel Draw, Adobe Illustrator dan lainnya, berbedanya Inkscape dengan Software lainnya adalah penggunaan SVG (Scalable Vector Graphics) yang sekarang memenuhi standar XML W3C.
            BAGIAN INKSCAPE
a.      Status Bar
Berfungsi untuk menampilkan informasi dan status dari Lembar kerja serta objek yang ada maupun yang sedang di buat. Seperti informasi warna objek, posisi, dan lainnya.


b.      Menu Bar
Bar Menu (baris menu), menampilkan daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu, jika salah satu menu diklik maka akan keluar submenu lainnya.Terdiri dari beberapa pulldown menu yang berfungsi pada pengaturan umum inkscape.


c.       Tool Bar
Tool Box  berisi berbagai ikon untuk memudahkan dalam mengelola object yang akan dijadikan gambar, jika pada salah satu ikon pada Tool Box diklik maka secara otomatis ikon pada Tool Control akan berubah.
·         Selector Tool, Selector Tool digunakan untuk memilih, dan mengtur object pada Canvas dengan menggunakan mouse atau keyboard.
·         Node Tool, Penggunaan Node Tool sangat penting pada Inkscape dalam pengolahan Object yang berbentuk garis dan curva, terutama untuk memilih, mengolah, manipulasi  dan mengedit Path, karena paths normal lebih mudah jika diedit menggunakan Node Tool.
·         Tweak Tool, Tweak Tool digunakan untuk melakukan perubahan (modifikasi) kecil pada object, diantarnya untuk mengubah bentuk dan style (gaya) object, mengaburkan warna object, dan lain-lain. Object yang sudah dimodifikasi masih memiliki kemiripan dengan object asli.
·         Zoom Tool, Zoom Tool sangat berguna untuk melihat tampilan object pada canvas, sehingga mempermudah pekerjaan pada saat membuat dan mengolah object. Object pada canvas dapat di lihat dengan jelas dan detail dengan cara memperbesar (mendekatkan) object tersebut, begitupun sebaliknya.
·         Rectangle Tool, Rectangle Tool digunakan untuk membuat object persegi panjang, object persegi panjang dapat dimodifikasi secara langsung menjadi lingkaran.
·         3D box tool, 3D box tool dapat digunakan untuk membuat gambar tiga dimensi secara otomatis dengan cara menciptakan object perspektif dalam kotak 3D. Tool ini secara otomatis memastikan bahwa semua sisi kotak terletak pada garis perspektif yang sesuai.
·         Ellipse Tool, Ellipse Tool digunakan untuk menggambar object berbentuk lingkaran, elips, dan busur.
·         Star Tool, Star Tool dapat digunakan untuk menggambar object berbentuk Plygon dan Star (bintang). Penggunaan Star Tool dalam pembuatan object polygon dan star sangat mudah dilakukan layaknya membuat kotak dan lingkaran dengan menggunakan Rectangle Tool dan Ellipse Tool, bentuk object yang dibuat dapat di modifikasi menjadi bentuk lain dengan cara menyeret gagang atau titik pusat object, cara lainnya dengan memberi nilai angka tertentu di kotak isian pada Tool Control.
·         Spiral Tool, Spiral Tool dapat digunakan untuk menggambar object berbentuk Spiral.
·         Pensil Tool, Pensil Tool digunakan untuk membuat path atau garis, fungsi alat ini seperti pencil yang digunakan oleh para seniman untuk membuat sketsa pada lukisan.
·         Bezier With Pen Tool , Bezier Curves, digunakan untuk membuat garis lurus biasa dan membuat gambar simpul, selain untuk membuat garis lurus maupun lengkung Bezier Curves juga dapat digunakan untuk membuat object berbentuk persegi panjang, segitiga, setengah lingkaran, dan lain-lain.
·         Calligraphy Tool, Calligraphy Tool dapat digunakan untuk menggambar object berupa line atau garis kaligrafi dengan menggunakan alat khusus seolah-olah mengunakan pena seperti yang digunakan oleh para seniman. Garis yang dihasilkan berbeda dari yang dibuat menggunakan Pencil Tool dan Bezier Tool, object tersebut terdiri dari dua garis paralel yang posisinya hampir sejajar.
·         Text Tool, Text Tool digunakan untuk membuat tulisan pada proyek gambar yang sedang dibuat
·         Spray Tool, Spray Tool digunakan untuk menyalin dan menggandakan object, dengan cara menyemprotkan object yang sudah ada menjadi beberapa object dengan model dan bentuk yang sama.
·         Eraser Tool, Eraser Tool digunakan untuk menghapus dan memotong object yang sudah dibuat jika terjadi kesalahan.
·         Bucket Fill Tool, Digunakan untuk menambahkan warna dan menggandakan object dengan bentuk berbeda yang saling bertumpuk atau tumpang tindih, object yang di beri warna akan menjadi dua, object pertama adalah object asli sedangkan object kedua berubah bentuk dan warnanya.
·         Gradients Tool, Gradients digunakan untuk menambahkan dan memodifikasi warna pada bagian object sehingga satu buah object memiliki beberapa warna yang berbeda, gradients dapat di terapkan pada Fill dan Stroke.
·         Dropper Tool, Dropper Tool digunakan untuk mengubah atau mengisi warna suatu object dengan mengambil warna object lain, perubahan warna object dapat dilakukan pada Fill and Stroke secara terpisah (sendiri-sendiri) dengan cara berbeda. Perubahan warna akan mengubah nilai angka pada menu RGB.
·         Connector Tool, Connector digunakan untuk memberi garis antara object satu dan lainnya sehingga terhubung membentuk bagan atau diagram. Connector dapat atur secara otomatis agar saat salah satu object digeser tetap dapat terhubung, atau dapat juga di atur agar saat salah satu object di geser bisa terpisah atau tidak terhubung.
d.      Pallete
Berada di bagian bawah. Berisi pilihan warna yang bisa di gunakan untuk memberikan warna objek. Baik warna atau warna garis pinggir objek.



e.       Controls Bar
Berada setelah baris perintah. Terdapat ikon - ikon untuk memodifikasi objek yang sedang dibuat pada lembar kerja Inkscape, Misalnya : memutar objek mengatur ukuran/tata letak objek. Ikon pada Tool Controls Bar akan berubah otomatis ketika kita memilih Tools yang sedang kita gunakan untuk membuat/mengedit objek. 


   
f.       Command Bar
Command Bar, menampilkan ikon-ikon yang merupakan perintah utama dalam program Inkscape, seperti ikon membuat halaman baru, membuka  gambar yang sudah dibuat sebelumnya, menyimpan gambar, dan lain-lain


0 comments:

Post a Comment