Monday, October 10, 2016

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

  • Definisi Pengantar Teknologi Sistem Cerdas 
Pengantar Teknologi Sistem Cerdas atau Kecerdasan Buatan adalah suatu sistem informasi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut memiliki kecerdasan seperti yang dimiliki manusia. Sistem ini dikembangkan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah.

  • Sejarah Teknologi Sistem Cerdas
Kecerdasan Buatan termasuk bidang ilmu yang relatif mudah. Pada tahun 1950-an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan Turing, seoarng matematikawan Inggris pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebut kemudian di kenal dengan Turing Tes, dimana si mesin tersebut menyamar seoalah-olah senagai seseorang di dalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Turing beranggapan bahwa, jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomuniaksi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tesebut pintar (seperti layaknya manusia).
Kecerdasan Buatan sendiri di munculkan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada Darthmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI. Pada konferensi tersebut juga di definisikan tujuan utama dari Kecerdasan Buatan, yaitu: mengetahui dan memodelkan  proses-proses berfikir manusia dan mendesain agar rapat menirukan kelakuan manusia tersebut. Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
·        Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
·        Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang di dengar dalam sebuah percakapan.
·        ELIZA, diprogram oleh Joseph Wnbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.

  • Penerapan Teknologi Sistem Cerdas dalam bidang bisnis
Cummings Hugs, ahli sistem cerdas, menyatakan ada 3 teknik umum sistem cerdas yang dipakai di bisnis selain Expert System: Neural Networks , Genetic Algorithms , dan Intelligence Agent
1) Genetic Algorithms
a.    Genetic Algorithm:  teknik pencarian menggunakan ilmu komputer untuk mencari solusi-solusi untuk  optimalisasi dan pencarian permasalahan.
b.   Genetic  Algorithms  banyak  digunakan  para investor dan broker untuk menciptakan suatu kombinasi investasi paling memungkinkan untuk client mereka. 
c.    Genetic Algorithms didesain untuk dapat mengerjakan proses yang paling cocok agar dapat menghasilkan solusi yang lebih baik untuk dapat memecahkan suatu permasalahan.
2) Intellegent Agents 
a.    Intelligent agent adalah software yang menampilkan   beberapa bentuk
Artificial Intelligent. 
b.   Intelligent  Agents  adalah  sebuah  software  yang  dipergunakan  untuk program data mining, monitoring dan agen-agen surveyor.
3) Neural Networks 
a.    Neural networks adalah gabungan dari kelompok Artificial dan kelompok Biological neurons networks, dimana Artificial neural networks berhubungan dengan  listrik,  mekanik atau simulasi komputerisasi atau model-model dari biological neural networks.
b.   Neural Networks digunakan untuk mengidentifikasi korupsi.
c.  Neural Networks banyak dipakai di departemen kepolisian.
CONTOH-CONTOH AI 
Ada banyak  contoh program yang menampilkan berbagai tingkat kecerdasan. Di antaranya adalah:
1. Twenty Questions
Sebuah game berdasar Neural Network yang menampilkan 20 pertanyaan.
2. The Start Project
Sebuah sistem berdasar web di mana partanyaan-jawaban dalam bahasa Inggris.
3. Brainboost
Sistem tanya-jawab yang lain.
4. AskEd!
Sebuah sistem tanya-jawab multi lingual.
5. Cyc
Sebuah koleksi pengetahuan dasar yang luas mengenai fakta-fakta tentang dunia nyata dan kemampuan untuk beralasan dengan logika. 
6. ALICE dan Alan
Sebuah chatterbot (serta chatbot,chatterbox) adalah program bot yang dapat melakukan percakapan dengan manusia.
7. Jabber Wacky
Sebuah chatterbot pembelajar.

0 comments:

Post a Comment